Tanggal Posting

January 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Aktifitas


Staf

Panduan pengoperasian Simak untuk staf departemen/fakultas;

 

 

 

 

 

 

 

 

๐Ÿ™‚

***
dari Suara-Islam.com

Diasuh oleh:
Ust. Muhammad Muafa, M.Pd
Pengasuh Pondok Pesantren IRTAQI, Malang, Jawa Timur
Pertanyaan kirim ke: redaksi@suara-islam.com

Pertanyaan:
Ustadz apa hukumnya mengikuti program KB?
Rochma, Batu, Jawa Timur

Jawaban:
Pencegahan kehamilan dengan alat-alat kontrasepsi hukumnya Mubah selama bersifat temporal dan bukan pencegahan kehamilan yang bersifat permanen. Pencegahan kehamilan hukumnya Mubah karena Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam mengizinkan Azl/Coitus Interuptus (senggama terputus).

Melakukan Azl bermakna menumpahkan air mani diluar kemaluan wanita saat lelaki hendak mencapai klimaks/ejakulasi. Azl adalah cara tradisional yang umum untuk mencegah terjadinya kehamilan karena menghalangi pertemuan antara air mani dan sel telur wanita.ย  Imam Muslim meriwayatkan;

ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… (7/ 319)
ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ
ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุนู’ุฒูู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽุจูŽู„ูŽุบูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู†ูŽุจููŠู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ู‡ูŽู†ูŽุง

Dari Jabir dia berkata; “Kami melakukan Azl di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian hal itu disampaikan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, namun beliau tidak melarang kami.”(H.R.Muslim)
Riwayat Bukhari berbunyi;

ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ (16/ 220)
ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุนู’ุฒูู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู

Dari Jabir ia berkata; Kami melakukan ‘Azl di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sementara Al Qur`an masih turun.” (H.R.Bukhari)

Seandainya Azl termasuk kemungkaran, seharusnya ketika Nabi mengetahuinya beliau akan langsung melarangnya. Namun ketika Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam mengetahuinya, beliau tidak melarangnya. Hal ini menunjukkan bahwa Azl diizinkan, artinya hukumnya Mubah.

Seorang lelaki di zaman Nabi pernah berkonsultasi kepada beliau tentang keinginannya menggauli budaknya tanpa ada kehamilan. Ternyata Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam merekomendasikan Azl. Muslim meriwayatkan;

ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… (7/ 315)
ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู
ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุฃูŽุชูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ููŠ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู‹ ู‡ููŠูŽ ุฎูŽุงุฏูู…ูู†ูŽุง ูˆูŽุณูŽุงู†ููŠูŽุชูู†ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุทููˆูู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุญู’ู…ูู„ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุนู’ุฒูู„ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุฅูู†ู’ ุดูุฆู’ุชูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽูŠูŽุฃู’ุชููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุง ู‚ูุฏู‘ูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุจูุซูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุญูŽุจูู„ูŽุชู’ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑู’ุชููƒูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽูŠูŽุฃู’ุชููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุง ู‚ูุฏู‘ูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง

Dari Jabir bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam sambil bertanya; “Saya memiliki seorang budak perempuan yang bekerja melayani dan menyirami tanaman kami, saya sering menidurinya, akan tetapi saya tidak ingin jika dia hamil.” Lantas beliau bersabda: “Jika kamu mau, lakukanlah Azl, namun sekalipun begitu, apa yang ditetapkan Allah pasti akan terjadi juga.” Tidak lama kemudian, laki-laki itu datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata; Budak perempuanku telah hamil. Lantas beliau bersabda: “Bukankah saya telah mengatakan kepadamu, bahwa apa yang telah ditetapkan Allah pasti akan terjadi.” (H.R.Muslim)

Dalam riwayat Abu Dawud lafadznya berbunyi;

ุณู†ู† ุฃุจู‰ ุฏุงูˆุฏ (6/ 80)
ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ
ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ููŠ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู‹ ุฃูŽุทููˆูู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุญู’ู…ูู„ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุนู’ุฒูู„ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุฅูู†ู’ ุดูุฆู’ุชูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽูŠูŽุฃู’ุชููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุง ู‚ูุฏู‘ูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู„ูŽุจูุซูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุญูŽู…ูŽู„ูŽุชู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑู’ุชููƒูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽูŠูŽุฃู’ุชููŠู‡ูŽุง ู…ูŽุง ู‚ูุฏู‘ูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง

Dari Jabir, ia berkata; terdapat seorang laki-laki Anshar yang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata; sesungguhnya aku memiliki seorang budak wanita, aku bercampur dengannya sementara aku tidak ingin ia hamil. Kemudian beliau berkata: “Lakukanlah ‘Azl jika engkau menghendaki, sesungguhnya akan datang apa yang telah ditakdirkan baginya.” Jabir berkata; orang tersebut tinggal beberapa saat kemudian datang kepada beliau dan berkata; sesungguhnya budak tersebut telah hamil. Beliau berkata: “Aku telah memberitahukan kepadamu bahwa akan datang kepadanya apa yang telah ditakdirkan untuknya.” (H.R.Abu Dawud)

Saat terjadinya perang Bani Mushtholiq, para Shahabat juga menginginkan menggauli wanita-wanita budak tanpa kehamilan dengan cara Azl. Ketika mereka meminta izin pada Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam, beliau mengizinkannya. Bukhari meriwayatkan;

ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ (22/ 416)
ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑููŠู‘ู
ูููŠ ุบูŽุฒู’ูˆูŽุฉู ุจูŽู†ููŠ ุงู„ู’ู…ูุตู’ุทูŽู„ูู‚ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุตูŽุงุจููˆุง ุณูŽุจูŽุงูŠูŽุง ููŽุฃูŽุฑูŽุงุฏููˆุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽู…ู’ุชูุนููˆุง ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ู…ูู„ู’ู†ูŽ ููŽุณูŽุฃูŽู„ููˆุง ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุนูŽุฒู’ู„ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุชูŽุจูŽ ู…ูŽู†ู’ ู‡ููˆูŽ ุฎูŽุงู„ูู‚ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู

Dari Abu Sa’id Al Khudzri saat perang bani Musthaliq, bahwa para Shahabat mendapatkan para tawanan wanita, dan mereka ingin menikmatinya (jimak) namun tidak menginginkan para tawanan wanita itu hamil. Maka mereka bertanya kepada Nabi tentang ‘Azl (mengeluarkan sperma di luar kemaluan wanita), maka Nabi bertanya: Apa yang membebani kailan untuk tidak melakukannya, sesungguhnya Allah telah menetapkan siapa saja yang hidup hingga hari kiamat tiba?” (H.R.Bukhari)

Pencegahan kehamilan tidak bisa dikatakan pembunuhan bayi yang disamakan dengan penguburan bayi hidup-hidup. Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam pernah ditanya tentang pendapat orang-orang Yahudi yang menyamakan Azl dengan penguburan bayi hidup-hidup, maka beliau mendustakannya. Abu Dawud meriwayatkan;

ุณู†ู† ุฃุจู‰ ุฏุงูˆุฏ – ู… (2/ 218)
ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู‰ ุณูŽุนููŠุฏู ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑูู‰ู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ู„ูู‰ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู‹ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฒูู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุญู’ู…ูู„ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏูŽ ุชูุญูŽุฏู‘ูุซู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุฒู’ู„ูŽ ู…ูŽูˆู’ุกููˆุฏูŽุฉู ุงู„ุตู‘ูุบู’ุฑูŽู‰. ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ูƒูŽุฐูŽุจูŽุชู’ ูŠูŽู‡ููˆุฏู ู„ูŽูˆู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุตู’ุฑูููŽู‡ู ยป.

Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa seseorang berkata; wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki seorang budak perempuan, dan aku melakukan ‘Azl terhadapnya, serta tidak ingin ia hamil, aku menginginkan apa yang diinginkan laki-laki, sementara orang-orang yahudi mengatakan; bahwa ‘Azl adalah pembunuhan kecil (dengan cara penguburan bayi hidup-hidup). Beliau berkata: “dusta Yahudi!, seandainya Allah menghendaki untuk menciptakannya, maka engkau tidak akan mampu mengubahnya.” (H.R. Bukhari)

Adapun riwayat Muslim yang menyerupakan Azl dengan Wa’dun Khofy (penguburan bayi hidup-hidup secara tersamar), yakni riwayat yang berbunyi;

ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… (7/ 324)
ุนูŽู†ู’ ุฌูุฏูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจูู†ู’ุชู ูˆูŽู‡ู’ุจู ุฃูุฎู’ุชู ุนููƒู‘ูŽุงุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’
ุญูŽุถูŽุฑู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุฃูู†ูŽุงุณู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ู‡ูŽู…ูŽู…ู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุบููŠู„ูŽุฉู ููŽู†ูŽุธูŽุฑู’ุชู ูููŠ ุงู„ุฑู‘ููˆู…ู ูˆูŽููŽุงุฑูุณูŽ ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ูู…ู’ ูŠูุบููŠู„ููˆู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูŽู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุถูุฑู‘ู ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูŽู‡ูู…ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ุณูŽุฃูŽู„ููˆู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุนูŽุฒู’ู„ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ู
ุฒูŽุงุฏูŽ ุนูุจูŽูŠู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ุญูŽุฏููŠุซูู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูู‚ู’ุฑูุฆู ูˆูŽู‡ููŠูŽ
{ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุกููˆุฏูŽุฉู ุณูุฆูู„ูŽุชู’ }

Dari Judzamah binti Wahb saudarinya Ukasyah, dia berkata; Saya hadir waktu Rasulullah bersama orang-orang, sedangkan beliau bersabda: “Sungguh saya bertekad untuk melarang Ghilah, setelah saya perhatikan orang-orang Romawi dan Persia, mereka melakukan Ghilah, ternyata hal itu tidak membahayakan anak-anak mereka sedikit pun.” Kemudian mereka bertanya mengenai Azl, Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Itu adalah penguburan bayi hidup-hidup secara tersamar.” Ubaidullah menambahkan dalam haditsnya dari Al Muqri` yaitu Firman Allah: “Jika bayi-bayi yang dikubur hidup-hidup ditanya.”
(H.R. Muslim)

Maka riwayat ini tidak menunjukkan larangan Azl, karena izin Azl telah dinyatakan oleh banyak hadis Shahih yang telah dipaparkan sebelumnya. Riwayat ini tidak lebih merupakan Tasybih (penyerupaan) Azl dengan penguburan bayi hidup-hidup dari segi tidak diinginkankannya kehadiran bayi, bukan penyerupaan dosanya. Oleh karena itu istilahnya diungkapkan dengan lafadz ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ูย  karena memang faktanya tidak membunuh bayi. Penguburan bayi hidup-hidup termasuk dosa besar karena termasukย  ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ุฌู„ูŠย  (penguburan bayi hidup-hidup secara nyata/terang-terangan) namun Azl hukumnya Mubahย  karena bukan penguburan bayi hidup-hidup itu sendiri. Azl hanya disebut ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ูย  dari segi tidak diinginkannya kehadiran bayi sebagaimana oang-orang yang mengubur bayinya hidup-hidup tidak menginginkan kehadiran bayi.

Hadis ini juga tidak bisa difahami kemakruhan Azl, karena tidak ada lafadz yang menunjukkan larangan Azl. Adanya lafadz ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ูย  Lebih tepat difahami sebagai Tasybih (penyerupaan) saja. Memahami Nasakh (penghapusan hukum) dari hadis ini dengan hadis sebelumnya juga tidak dapat dilakukan, karena tanggal riwayat tidak diketahui. Lagipula, dalam Nasakh harus ada pertentangan yang tidak mungkin dikompromikan, sementara Nash-Nash yang menunjukkan Mubah nya Azl dengan hadis ini masih bisa dikompromikan.

Menolak hadis ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ูย  ini dengan alasan bahwa riwayat yang menunjukkan kemubahan Azl lebih shahih dan lebih banyak jalur periwayatannya juga sulit dilakukan karena hadis ุงู„ู’ูˆูŽุฃู’ุฏู ุงู„ู’ุฎูŽูููŠู‘ูย  ini adalah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Muslim. Oleh karena itu mengkompromikan adalah jalan yang lebih dekat dengan maksud Syara’.

Adapun Nash-Nash yang menunjukkan dorongan memperbanyak anak, misalnya seperti riwayat berikut;

ุณู†ู† ุฃุจู‰ ุฏุงูˆุฏ – ู… (2/ 175)
ุนูŽู†ู’ ู…ูŽุนู’ู‚ูู„ู ุจู’ู†ู ูŠูŽุณูŽุงุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุตูŽุจู’ุชู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู‹ ุฐูŽุงุชูŽ ุญูŽุณูŽุจู ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ุชูŽู„ูุฏู ุฃูŽููŽุฃูŽุชูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฌูู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ู„ุงูŽ ยป. ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠูŽุฉูŽ ููŽู†ูŽู‡ูŽุงู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ุชูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฌููˆุง ุงู„ู’ูˆูŽุฏููˆุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูŽู„ููˆุฏูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูู‰ ู…ููƒูŽุงุซูุฑูŒ ุจููƒูู…ู ุงู„ุฃูู…ูŽู…ูŽ ยป.

Dari Ma’qil bin Yasar, ia berkata; seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi sallam lalu berkata; sesungguhnya aku mendapati seorang wanita yang mempunyai keturunan yang baik dan cantik, akan tetapi dia mandul, apakah aku boleh menikahinya? Beliau menjawab: “Tidak.” Kemudian dia datang lagi kedua kalinya dan beliau melarangnya, kemudian ia datang ketiga kalinya lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Nikahkanlah wanita-wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunan), karena aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.” (H.R.Abu Dawud)

Maka riwayat ini dan yang semisalnya tidak bertentangan dengan Nash-Nash yang menunjukkan Mubahnya Azl. Yang satu hukum sunnah yang satu hukum Mubah, jadi tidak bertentangan dan tidak bisa dipertentangkan. Oleh karena itu pemahaman yang lebih tepat adalah; Azl hukumnya Mubah tetapi afdholnya memperbanyak anak.

Motivasi pencegahan kehamilan tidak diperhatikan dan tidak mempengaruhi status kemubahan hukum mencegah kehamilan. Oleh karena itu, motivasi apapun dalam mencegah kehamilan baik mengatur kelahiran, menjarangkan kehamilan, menyedikitkan anak, kasihan dengan istri, kasihan dengan bayi yang masih disusui, menjaga kecantikan istri dan sebagainya semuanya itu diizinkan. Hal itu dikarenakan kebolehan Azl dalam Nash dinyatakan dengan lafadz yang bersifat Muthlaq, tidak dibatasi dengan kondisi-kondisi tertentu. Dengan demikian hal ini menunjukkan motivasi dalam mencegah kehamilan tidak diperhitungkan. Seorang lelaki di zaman Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam pernah berazl dengan alasan menjaga kesehatan anak bayinya yang masih menyusu. Imam Muslim meriwayatkan;

ุตุญูŠุญ ู…ุณู„ู… (7/ 325)
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงู…ูุฑู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏู
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽ ูˆูŽุงู„ูุฏูŽู‡ู ุณูŽุนู’ุฏูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฃูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ู‘ูŽุงุตู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนู’ุฒูู„ู ุนูŽู†ู’ ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชููŠ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูู…ูŽ ุชูŽูู’ุนูŽู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฃูุดู’ููู‚ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽู„ูŽุฏูู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุถูŽุงุฑู‘ู‹ุง ุถูŽุฑู‘ูŽ ููŽุงุฑูุณูŽ ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููˆู…ูŽ

Dari Amir bin Sa’ad bahwasannya Usamah bin Zaid mengabarkan kepada ayahnya Sa’d bin Abu Waqash bahwa seorang laki-laki datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata; Sesungguhnya saya telah melakukan Azl terhadap istriku (yang sedang menyusui). Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya: “Kenapa kamu lakukan hal itu?” laki-laki tersebut menjawab; Saya kasihan terhadap anaknya atau anak-anaknya (khawatir mempengaruhi kesehatan bayi yang disusui). Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seandainya hal itu membahayakan, niscaya telah membahayakan orang-orang Persia dan Romawi.” Zuhair berkata dalam riwayatnya; “Jika hal itu terjadi, niscaya hal itu juga telah membahayakan orang-orang Persia dan Romawi.”
(H.R.Muslim)

Tampak dalam hadis di atas Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam hanya bertanya; Kenapa kamu lakukan hal itu? Bukan bersabda; jangan kamu lakukan hal itu. Karena itu hadis ini menjadi salah satu contoh bahwa motivasi mencegah kehamilan tidak mempengaruhi hukum pencegahan kehamilan.Namun, secara kesehatan hendaknya jangan disalah fahami. Hamil lagi dalam keadaan masih menyusui itu tidak berbahaya bagi bayi yang masih disusui. Boleh saja seorang wanita hamil sementara bayinya masih menyusu. Nabi pernah mengoreksi pemahaman yang salah ini dengan melihat fakta wanita di Persia dan Romawi. Ahmad meriwayatkan;
ู…ุณู†ุฏ ุฃุญู…ุฏ (44/ 243)
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงู…ูุฑู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ู‘ูŽุงุตู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฒูŽูŠู’ุฏู
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽ ูˆูŽุงู„ูุฏูŽู‡ู ุณูŽุนู’ุฏูŽ ุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนู’ุฒูู„ู ุนูŽู†ู’ ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุดูŽููŽู‚ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽู„ูŽุฏูู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽู„ูŽุง ู…ูŽุง ุถูŽุงุฑู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุงุฑูุณูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุงู„ุฑู‘ููˆู…ูŽ

Dari ‘Amir bin Sa’ad bin Abi Waqqash bahwa Usamah bin Zaid mengkhabarkan kepada ayahnya Sa’ad bin Malik, ia berkata padanya: seseorang mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata: Sesungguhnya aku meng’azl istriku. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Kenapa?” orang itu menjawab: kasihan terhadap anaknya atau anak-anaknya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kalau begitu tidak, hal itu tidak membahayakan Persia dan Romawi.”
(H.R.Ahmad)

Makna hadis diatas; hamil lagiย  dalam keadaan masih menyusui itu tidak membahayakan wanita-wanita Persia dan Romawi, karena itu alasan Azl dengan penyebab kekhawatiran bahaya bagi anak yang disusui itu tidak benar. Pencegahan kehamilan boleh dengan alat apapun selama alatnya Mubah. Jadi, boleh mencegah kehamilan dengan kondom, suntik, pil, spiral, dan sebagainya karena semua itu hanya alat. Boleh juga menggunakan sistem kalender, yakni menghindariย  berhubungan badan pada 14 hari sebelum haid termasuk hari-hari disekitarnya sebagai tindakan berhati-hati, karena dihari tersebut ovum dalam keadaan matang dan siap dibuahi.

Namun, pencegahan kehamilan yang bersifat permanen seperti Vasektomi atau Tubektomi hukumnya haram karena termasuk pengkebirian yang diharamkan Islam. Bukhari meriwayatkan;

ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ (16/ 10)
ุนู† ุณูŽุนููŠุฏูŽ ุจู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณูŽูŠู‘ูŽุจู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุณูŽุนู’ุฏูŽ ุจู’ู†ูŽ ุฃูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ู‘ูŽุงุตู ูŠูŽู‚ููˆู„ู
ุฑูŽุฏู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ู…ูŽุธู’ุนููˆู†ู ุงู„ุชู‘ูŽุจูŽุชู‘ูู„ูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽุฐูู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ู„ูŽุงุฎู’ุชูŽุตูŽูŠู’ู†ูŽุง

Dari Sa’id bin Al Musayyab berkata; Aku mendengar Sa’d bin Abu Waqqash berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang Utsman bin Mazh’un untuk hidup membujang. Dan sekiranya beliau mengizinkannya, niscaya kami akan mengebiri-diri-(H.R. Bukhari)

Demikian pula aborsi. Aborsi juga diharamkan karena aborsi bukan lagi termasuk pencegahan kehamilan tetapi sudah terkategori pembunuhan.

Atas dasar ini, maka pencegahan kehamilan hukumnya Mubahย  baik dengan cara Azl, kondom, pil, suntik, spiral, kalender dan sebagainya. Semuanya Mubahย  asalkan tidak sampai permanen. Namun afdholnya adalah memperbanyak anak sebagaimana dinyatakan oleh banyak Nash. Wallahua’lam.